PROFIL DAN DESKRPSI PROFIL |
CAPAIAN PEMBELAJARAN KHUSUS |
||
Ketrampilan Khusus/Kemampuan Kerja |
Pengetahuan Khusus |
||
Pendidik PAI:
Pendidik Agama Islam pada jalur formal (Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan yang sederajat) dan nonformal (madrasah diniyah dan yang sederajat) yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, sosial, dan pedagogic |
1. Menguasai prinsip-prinsip teori pendidikan pembelajaran Agama Islam yang mampu melaksanakan pembelajaran agama secara inovatif. 2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial dan mampu menyelesaikan hambatan-hambatan belajar . 3. Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi Agama Islam untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah dan mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Agama Islam . 4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dan mampu menerapkannya dalam pembelajaran yang inovatif sebagai guru mata pelajaran PAI. 5. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran PAI dan menerapkannya untuk mengukur keberhasilan belajar. 6. Menguasai konsep dan teknik pembentukan perilaku keagamaan sehari-hari pada siswa dan warga sekolah berdasarkan nilai-nilai dan akhlak islami. 7. Menguasai pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam pada jenjang dasar dan menengah. 8. Memiliki kemampuan berbahasa asing (Bhs Arab dan Inggris) dalam percakapan sehari-hari. |
1. Mampu menguasai teori-teori ilmu pendidikan, teori pembelajaran, perkembangan peserta didik, dan sosiologi pendidikan 2. Mampu menjabarkan bahan kajian pengembangan bakat, minat, kognisi, sosial emosional, bahasa, fisik motorik, dan seni. 3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran pendidikan agama Islam. 4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis TIK 5. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan 6. Menguasai prinsip perencanaan dan pengembangan kurikulum pendidikan 7. Menguasai konsep teoritis pengetahuan, nilai-nilai agama dan moral untuk memecahkan persoalan sosial masyarakat. |
|
Asisten Peneliti: Pendamping peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran dan sosial keagamaan |
9. Mampu mengidentifikasi masalah untuk penelitan, baik dalam pembelajaran PAI maupun bidang sosial keagamaan
10. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran PAI di Sekolah/Madrasah dan permasalahan keagamaan di masyarakat. |
8. Mampu memahami konsep dasar pendekatan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan pengembangan di bidang pendidikan Agama Islam dan sosial keagamaan.
9. Mampu memahami konsep pengorganisasian data kualitatif dan kuantitatif. 10. Mampu memahami berbagai teknik pengolahan data untuk menghasilkan analisis data yang valid |
serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan pada pembelajaran PAI. | 11. Menerapkan pendekatan, metode, jenis dan prosedur penelitian untuk pengembangan pembelajaran bidang Pendidikan Agama Islam
12. Menerapkan langkah dan prosedur pelaksanaan penelitian kualitatif, kuantitatif dan tindakan 13. Memanfaatkan hasil penelitian untuk pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam 14. Mampu merumuskan rekomendasi untuk memecahkan problem keagamaan dan sosial berdasarkan hasil penlelitian yang dikembangan baik secara indvidu maupun kelompok. 15.Memanfaatkan keunggulan teknologi informasi yang berkembang dalam mendukung proses penelitian. |
11. Mampu memahami konsep- konsep analisis data berdasarkan jenis masalah yang dikaji.
12. Mampu memahami prinsip publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah |
|
Konsultan di bidang Pendidikan Islam pada Jenjang Pendidikan Menengah. | 16. Mampu menguasai konsep dasar bimbingan dan penyuluhan.
17. Mampu menguasai teori dan praktek pembelajaran yang mutakhir. 18. Mampu menguasai konsep pendidikan Islam. 19. Mampu menguasai konsep menejemen pendidikan Islam. |
13. Mampu Memahami konsep pendidikan Islam, teori psikologi belajar, teori dan praktek pembelajaran yang mutakhir. | |
Penulis Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Jenjang pendidikan di MI/SD, MTs/SMP,
MA/SMA, SMK/SLTA |
20. Mampu menguasai kaidah penulisan karya ilmiyah
21. Mampu menyusun sistematika penulisan karya ilmiyah sebagai sumber belajar bidang studi PAI. |
14. Mampu memahami prosedur pembuatan buku sebagai sumber ajar. | |
Enterpreuner | 22. Mampu memanfaatkan kemampuannya sebagai peluang usaha.
23. Mampu mengembangkan kemampuannya di bidang marketing pendidikan Islam. |
15. Mampu memahami jiwa enterpreunership(kewirausahaan).
16. Mampu mengetahui potensi dirinya sebagai enterpreuner. |